Search This Blog

Monday 20 February 2012

[REVIEW] Xperia X2 aka Vulcan

My Silver Vulcan
Mo nyoba bikin review lagi aaaah, walopun nih hape dah keluar dah lama bangeeeeet…(Sept 2009). Ini hape winmo kedua saya setelah sebelumnya pake ASPEN, dah tetep pengen ngerasain winmo lagi karena penasaran dengan OS nya,,,lagian juga belum sreg sama Android atopun BB.
Review ini akan saya bandingkan dengan performance Aspen yang masih satu platform.

- Hardware
Hmm…ini yg jadi salah satu alasan saya buat berpaling dari Aspen,,,,yup,,design hardware terkesan elegan dengan balutan metal case hampir seluruh body. Qwerty keyboardnya sangat2lah uenak dipake seperti terlihat dibawah.

Kamera juga salah satu alasan ku juga,,,dengan mengusung 8mp resolusi terbesar, lampu flash,,,dan,,,menunya,,,,wouw,,,hampir mirip cybershot. Kualitas potonya masih kalah dengan cybershot beneran,,,tapi sangat2 bisa diandalkan untuk jepret2 ala kadarnya.
Headset nya lumayan nendang dengan fitur megabass nya,,,,ini juga dipoto pake makro nya X2

- Procie / Software
Procie X2 lebih kecil sedikit dari Aspen wajar saja mengingat lebih dulu keluar dari Aspen. Performancenya,,,terusterang kalo dalam keadaan standard,,,,,lambat,,,,tapi dengan sedikit bantuan temen2 di berbagai forum,,ada tips2 untuk mempercepat kinerja X2,,bahkan ada yg extreme sampe menghilangkan beberapa aplikasi standard yang menurut saya juga kurang berguna. Overclocking….? Ada juga aplikasinya,,,tapi lagi2 saya belum berani. Paling2an juga fitur slideview sama panel nya aja sama non aktifin,,bahkan beberapa panel langsung saya remove,,,lha karena memang kurang berguna,,,cuman nambah2in beban aja, seperti; Growing panel, Tilewave, Pixel city, dll.
Berikut ini tampilan interfacenya,,,,mode landscape tanpa membuka sliding keyboard karena sudah menggunakan aplikasi tambahan untuk accelerometernya.

Internet-an





Menu utama





Windows Media Player





Landscape tanpa membuka keyboard.



- Others
Untuk yg lain2nya,,,,masih sangat memuaskan, apalagi setelah mulai saya dandanin dengan berbagai asesoris,,sementara ini cukup pake Soft jacket nya dari capdase,,,dah pesen yg aluminium case tapi belum datang barangnya.



Well,,,,segini dulu review ala kadarnya,,,,,
Sample poto

Outdoor auto
File asli nya disini

Indoor night

Show-off lagi setelah di pake aluminium case nya...




Gaming
Baru nyoba beberapa gaming seperti dibawah...
Totem Star Lite
Dapetnya dari software pack nya paket bawaan



Scrobble - Kayak plesetannya Scrabble aja namanya. Ini game favorit semenjak kenal di pc, uiq3 n akhirnya nemu juga buat winmo,,,yg aslinya siiih tetep namanya scrabble,,,tapi belum dapet yg full version.



TV out put
Baru kali ini menggunakan fitur TV out put,,soalnya males buka2 kardus buat ngambil kabelnya lagi,,,paling2 tuuuh buat viewing file2 media aja (poto2, musik, video dll) ke layar TV,,ternyata,,,apa yg ada di layar X2,,,tertampil juga di TV,,huahahaha,,,dasar katrok....





Konektifitas
Baru sempet juga ke capture pas telpon pake bluetooth dan wired headset.


Asal udah pernah pairing, walopun di on / off kan,,,langsung sama2 cepet nyambung lagi.


Update buat Conference Call,,, tapi kebingungan begitu pengen ng-End Call salah satu.

Gimana caranya yaaa...? He...5x... Waduuh jadi acak2an....


Themes
Baru sekali nyoba theme dari luar,,yang mana sebenernya buanyak sekali themes buat winmo yg lebih kreatif lagi,,tentu saja lebih banyak memakan memori,,,jadi aku coba ambil yg simple2 aja.




Windows Mobile Office 2010
Buat nampilin grafik pun masih ok di Excel nya,,,lebih kaya fitur daripada Doc To Go.




Media Player on Slide View
Baru nyadar ternyata Media Player nya bisa disetel lewat Slide View,,, persis sama playlist yg kita bikin di WMP dengan di slideview nya....maklum,,,katrok...he...5x


Nyoba2 pake SPB shell versi 3.5.3,,lumayan menarik dari bawaannya.

SPB Mobile Shell 3.5.5 nggak jauh beda sama yg versi 3.5.3, nanggung sekalian aja pake MS Pro Skip buat nyamain Windows Phone 7 themesnya.


To be continued

51 comments:

  1. Om...Harga nya berapaan di batam? masih ada yang second mulus nggak disana? Skr mah males beli2 hp apalagi baru mending cari second :D (alasan padahal nggak ada duitnya hehehehe)
    Mo nyobain pake Winmob, di makassar masih agak susah nyari nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat2 harga second nya di web masih lumayan juga yah 1.7 jt. Kalo di Batam berapaan yah?

      Delete
    2. Ho,,ho,,,akhirnya nyampe sini juga....
      Juarang banget,,,,pas minggu2 kemaren aku nyari adanya yg batangan warna item,,,nawarnya 1.5 nggak aku gubris.
      Ini aja aku dapet 1.6,,fullset,,malahan garansi singapore,,slider count nya aja masih 50an kali. Lha aku aja juga dah males nyari2 hape baru (dg alasan yg sama...he...5x) jadinya hunting hape2 lawas,,,kalo aja masih ada N8910i atau R380s dg kondisi mulus dan harga masuk akal,,ya bakalan aku beli juga.
      Ndak tau napa,,,setelah trial dg Aspen,,,malah kepincut sama Winmo,,walaupun kadang ngeper juga kalo ngeliat temen2 kantor berAndroid, BB bahkan ber-IOS ria...

      Delete
  2. Hehehe, iseng aja liat2 blog nya :p. Wah langka jg yah di batam, kirain banjir tuh hp hehehe. Seumur2 belum pernah pake winmob makanya pengen nyobain, liat HTC yang pake winmob masih mahal jg euy. Ahh ngeper amat liat BB, sekantor ku semua pake BB nyantai aja :D. Padahal kerja di operator mah rada wajib sih pake BB soalnya termasuk jualan nya operator akses BB jadi harus pakai untuk tahu kualitas jaringannya...apalagi saya juga masuk bagian Network :D
    Nyobain BB punya istriku selama 1 bulan bingung sendiri, selain BBM nya nih hp bisa diapain aja yah? Udah gatal aja pengen di oprek isi dalam nya :D.
    Kalau ada lagi mintul info nya yah siapa tahu cocok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya koq,,,langka,,,lha kan aku aja dah ngebet dari lama,,,baru kesampean sekarang dalam artian barang dan harga yg bagus. Sebulan terakhir siiih pernah langsung ngedatengin seller x2 item yg kebetulan juga ada di batam,,,ngiklan di kaskus juga,,cuman 1.2 kalo g salah,,,minus di optical yg malfungsi,,sama (setelah aku cek),,agak2 error dalemannya ntah apa,,,pas dipake,,sering kali muncul pop up menu,,ini link di kaskusnya (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11765942) . Requirement nya apa niiih...? batangan ato fullset? Kalo batangan,,mungkin aku bisa nemuin spt yg pernah aku bilang.

      Btw,,ongkos tambahan ngirim barang2 elektronik dari batam ke luar pulau skr ditambah 17.5% (pajak) + 0.25% (asuransi) dari nilai barang loo...? ket dari JNE.

      Delete
    2. Busseetttt dahhh mahal amat pajaknya. Berat dipajak kalau kayak gitu mah :(. Itu pajak khusus batam kali yah soalnya di tempat lain kyk nya nggak ada tuh yang gituan.
      Yah nyari yang full set tapi kalau batangan juga gpp. Nih juga lagi nanya bro douko X2 di jakarta, dia nggak ada stok tapi temannya punya stok. Full set dengan dus 1.6 jt dan ada 1 lagi minus dus nya doang lupa berapa harganya tapi kalau nggak salah 1.3 jt. Mau liat dulu foto barangnya...kalau ok mau ambil ke dia.

      Delete
    3. Yup,,betul,,,itu kusus di batam soalnya FTZ.
      Malem sabtu aku hunting2 sambil beli Hazel merah,,,ada lagi stock batangan item,,,1.3jt,,,tp ya itu,,mending cari dulu aja di tempat lain yg tanpa pajak seperti yg aku sebutin.
      Seminggu yg lalu ditelp temen yg mo nitip macbook white,,setelah tanya2 JNE,,,pajak n asuransi sekitar 700rb,,,mending handcarry aja,,,he,,,5x,,,
      Goodluck...

      Delete
    4. Hehehe, ya iya lah kalo pajaknya segede gitu mah mending hancarry. Tapi liat2 di xda dev ko dikit banget yah pembahasan X2, googling banyak banget yang kecewa ma nih hp....jadi ragu lagi euy.

      Delete
    5. Jujur aja kalo untuk performance,,memang lambat khas nya winmo,,,kalo dibandingin sama kakaknya X1,,,masih mendingan X1 secara daleman dah banyak ROM tersedia untuk di oprek2...Please deeeh,,,winmo nya x2 ataupun Aspen ku dulu memang aku tujukan untuk ngedukung kerjaan dengan fitur office mobile (doc to go kalah jauh fiturnya...). Maklum belum punya tablet siiiih...hi..4x.
      Hardware,,,baru ini yg membanggakan,,salah satunya untuk mediocre kameranya.
      Bisa dimengerti siiih kalo jadi ragu2,,,harus banyak2 googling.
      Anyway,,,kalo mo nyebut "monsternya" winmo,,,ya paling2 HTC Leo aka. HD2 yg mana saya juga ngiler,,,tapi susah ngedapetin HD2 dg harga X2 skr.

      Delete
    6. Yah itu dia yang paling banyak saya baca....slooowww slooowww performance hehehe, tapi ada juga yang merasa oke karena sudah upgrade ke winmob 6.5.3 dan di oprek. Nah takutnya kalo dapat yang masih winmob 6.5.2 dimana mau upgrade nya? Secara di webnya sony mobile sendiri X2 sudah nggak ada di list nya, yang ada cuma X1 :(.
      Liat2 link file buat opreknya banyak yang udah mokad :(, bro punya file2 nya?
      Nih aja belum bales Pm nya bro douko jadi ato nggak nya ambil X2 dari dia.

      HTC HD2 terlalu gede buat saya, udah kayak tablet aja nggak bisa dikantongi :p dan over budget untuk hp second hehehe. Hadehhh jadi tambah bingung...

      Delete
    7. Yup,,,betul sekali.
      Sayang sekali saya belum upgrade...untuk file2 oprek nya aja aku juga belum tau mana2 aja yg diperlukan. Setauku,,,dan niatan pengen diutak-atik,,,X2 ku pengen aku hardreset trus instalasi aplikasi2 nya bisa disesuaikan sendiri,,,,supaya ndak lelet. CAB file default X2 dah punya,,,urut2an file yg diinstall supaya ndak lemot juga dah ada,,,cuman masih atuuuuut.
      Ni aja aku dah kesenengan bisa ng-landscape-in menu2 tanpa ngbuka sliding...
      Belum lagi aluminium case yg dah dateng kemaren,,,,so langsung dipasang,,,n solid deh X2 ku secara fisik.....he...5x...
      Kejar teruuuuus si douko....

      Delete
    8. Hehehe, software terakhirnya yang R3A bukan (Winmob 6.5.3)? Kalau yang itu sih kayaknya udah banyak yang upload dan bisa update manual. Kalo iya mau mantapkan aja lah ambil X2, file2 oprekannya bagi yah :D.
      Aluminium case nya dapat darimana? Brp duit? Keren juga tuh cuma kurang kontras sama warna casing nya...kalo casing black baru mantap tuh :p

      Delete
    9. Yup R3A,,,tapi koq di ABOUT ku,,,tetep 6.5 pro aja tuuuh....sebodo teuing aaaah.
      Wooouw,,,ambil aja deeeh X2 nya,,,file2 oprekan nya yg biasa2 aja loooo,,,kalo yg advanced,,,belum sempet aku coba2,,,atuuuut.
      Ntu aluminium case dapet dari Brando,,,tapi ternyata hampir sama persis dengan yg dari pdair,,malah yg di pdair free shipping cost,,,taunya setelah nyoba banding2in....hmm...casing yg black yaa...? maunya siiih gitu awal2nya,,tapi gimana lagi,,,lha wong dapetnya yg silver.

      Delete
  3. malam mas,
    salam kenal saya adit, yang juga menggunakan experia x2.
    dari review yang mas buat di bloeg mas,
    mohon bantuannya mas, karena saya juga tidak begitu tahu enahu ttg
    windows mobile.

    yang mau saya tanyakan :
    1. kenapa tiap kali hp itu saya colokan ke laptop slalu tidak bisa
    singkron yah mas,
    katanya minta driver tapi say kesulitan untuk mencarinya mas. gak
    nemu2, mungkin saya bisa minta drivernya
    2. bagaiana caranya agar grafik accelerometernya bisa berfungsi,
    seperti experia yang mas punya
    3. hape ini lemot yah mas., apakah mas punya cara untuk
    meningkatkannya mas..? karena saya cari2 forum ttg user experia di
    indonesia tidak ada.
    4. apakah bisa di instal gps offline mas..?
    5. jadi kan hp saya sudah 4 bulan tdk dipaakai, karena kabel
    flexibelnya rusak, jadi tiap saya geser slide keybirdnya gambar layar
    langsung runyam. 4 bulan inden di SE service center jogja katanya dari
    psuat kosong, apa mas ada solusi untuk itu mas..? apa ada toko yang
    jual kabel flexy tersebut.

    mohon bantuannya yah mas.,
    salam kenal.
    saya adit, dari jogja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Adit,
      Sorry baru sempet bales emailnya,,maklum,,kemaren sore kehabisa quota internet,,jadi lelet,,so,,nunggu pake koneksi kantor aja dulu,,,tapi begitu ngantor,,dah ditodong sama gawean yg seabreg2...
      Langsung aja yaa...? walopun dah aku bales via email,,,biar lebih lengkap lagi.
      1. Untuk masalah driver,,,coba aku ubek2 driver di laptop ku,,,pake WMDC ato activesync...? Biasanya siiih driver dah otomatis dikenali kalo pake win 7.
      2. Untuk ngaktifin accelerometer tanpa buka sliding keyboard,,,aku pake aplikasi tambahan,,,aku kirim lewat imel,,,baru ketemu filenya.
      3. Yup,,,memang lemot koq,,,dan itu dah aku sadarin jadi yaaa...harus dimaklumi,,,secara winmo rakus resource akan memory. Biasanya aku cuman nglega-in RAM, matiin fungsi panel2 dan slideview. Untuk masalah RAM,,bisa pake htcCleanRAM (masih belum ketemu file di komputerku) di custom settingannya sekalian buat ng-non-aktifkan sliveview trus matiin fungsi panel pake Advanced Task Manager. Konsekuensinya,,,kita agak kerepotan kalo mo ng-launch aplikasi/file yg perlu dg slideview atopun panel.
      Sekarang aja aku cuman pake panel MS Today,,,,spb panel nggak aku pake (tapi nggak aku remove,,,soalnya dulu pernah coba diremove,,,kerepotan sendiri).
      Forum kita ada di kaskus,,,silakan mampir di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6083923,,,ato bisa ke xda developer,,,tapi ya gitu deeeh,,,nggak serame yg lainnya...
      Oh iya,,,ada cara extrem dari xda developer dimana kita bisa meng-custom aplikasi2 yg diperlukan aja dan memang secara logika,,,kayaknya bisa meningkatkan performance,,,tapi aku belum bisa. Satu lagi,,,dulu pernah ng-remove slideview sama panel secara permanen pake registry,,,dan,,,wuzzz,,,memang tanpa lag,,,tapi apa asiknya X2 tanpa slideview...he...5x....
      4. GPS offline tentu bisa,,,tapi lagi2 aku nggak install,,,cuman nambah2in beban aja...
      5. Karena dah ada kejelasan inden,,,ya ditunggu aja,,,biasanya di ebay banyak,,soalnya dulu pernah nyariin flexy nya htc tytn.

      Sori kalo bikin bingung,,,soalnya ng-reply sambil makan siang,,,huahahaha...

      Delete
  4. Hai gan,., sama2 pengguna Xperia X2 nich,., tp sy pakek yg warna Black,.,

    Oya, masih punya link Updatean Frimware yg aktif nggak,., soalnya browsing,.,semua link pada mati,.,

    tolong ya gan,, Frimware ane masih yg jadul,.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi,
      Waaah,,,ndak punya tuuuh,,,masih ngandelin yg dari XDA-dev,,,kemaren juga setelah aku cek,,ternyata sebagian masih aktif,,sebagian dah nggak aktif,,,dan apesnya,,,yg GENERIC_SG punyaku dah nggak aktif. Kemaren sempet donlot yg GENERIC_BE sekitar 118mb.

      Delete
  5. Lagi menunggu kiriman X2 dari Bro Douko, Black fullset dapat nya 1.6 jt juga. Mau aja dia nyariin hp nya karena sebenarnya dia nggak punya stock :D.

    Bro, capdase dan aluminium case nya order dari luar yah? Yah susah dunk kalo order dari luar mah...nggak tau caranya (gaptek) hehehe.


    Nanya nih, aplikasi yang paling penting harus di install apa aja dulu nih? Maklum belum pernah pake Winmob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whuaaaa,,,selamat datang di dunia winmo nya xperia....hi...5x.
      Iya,,,aku pesen capdase sama aluminium case nya dari luar,,,ya gitu deeeh,,,pake paypal-paypal-an...lha wong ndak nemu2 yg disini.
      Menurutku yg paling penting saat ini htcCleanRam, Advanced Task Manager buat ng-kill panel manager, slide view supaya agak2 nggak lemot x2 nya.

      Dicoba aja dulu bbrp hari,,,seberapa lemot x2 nya,,,asal jangan dibandingin sama SE a1 atau a2 looo. Trus lagi,,,panel2 yg nggak penting,,delete aja,,biar nggak nambah2in beban. Skr panel ku cuman MS Today, SPB lifestyle, Prof, google trus support aja. Dan lagi,,kalo nggak penting2 amat,,,jangan pake panel SPB,,bisa dicoba bandingin sama pake MS Today (set item2 yg perlu2 aja,,,jangan default).

      Kapan kira2 nyampe rumah barangnya...?

      Untuk selanjutnya,,,bisa pake x2 accelerometer biar nggak perlu buka2 sliding keyboard kalo mo ng-landscape-in. Selebihnya sesuaikan dengan kebutuhan aplikasinya. Oh iya,,,,PIM Backup penting juga,,soalnya paling efektif buat ng-backup2 data sms, kontak, notes dan PIM lainnya.

      hidden menu nya sama kayak SE lainnya hanya saja kanan kiri nya pake tombol call n reject call,,,penasaran dah berapa kali slide count nya...

      Delete
    2. Baru mau dikirim hp nya kalau sempat bro douko nya hari ini dikirim barang nya kalo nggak paling besok dikirim nya. Yah minggu atau hari senin sampai nya. Banyak yang mokat juga ternyata file2 aplikasi nya...harus extra keras nyari nya :D

      Delete
    3. Dah nyampe di tangan kaaah barangnya...?
      Cepet2 di komen nyaa...? dan yg lebih penting lagi,,,,bagi2 juga tips2 nya... maklum,,, lagi kehabisa quota internet,,,jadi nggak bisa donlot2 file2 CAB/EXE dari xda dan lain2nya.....

      Delete
    4. Hehehe, barang nya udah nyampai dari minggu lalu (hari jumat) tapi karena lagi cuti makanya senin baru ta ambil di kantor. Lambat karena Hp yang lama udah dijual ma orang nya dan Bro douko nyari lagi di teman nya yang lain (recomended seller dah soalnya mau sibuk nyariin hp nya :D).
      Dapat Black full set 1.4 jt, minusnya karena layar bagian atasnya di bawah tulisan Sony Ericsson seperti pernah kegencet tapi nggak pengaruh ke touch screen nya. Diluar minus itu asli hp nya mulus abis masih kinclong untuk ukuran hp lawas, kayaknya sih cewe yang pakai atau jarang dipakai tuh Hp hehe...Fotonya menyusul belum sempat di foto.

      Btw, check hidden menu nya bijimana sih? Bingung karena udah lama nggak pake SE dan kalau kanan kiri nya diganti pakai tombol call dan end call, pas pencet tombol end call kan langsung ke tutup virtual keypad nya...Step2 nya gimana nih? Pengen tau juga udah berapa kali slide count nya.
      Tapi emang nih hp agak lag gitu yah, belum sempat diapa2in panel nya masih komplit. Install aplikasi juga baru opera mini dan opera mobile 10 aja. Belum sempat download apps maupun file moddingan yang lain.

      Nangis bombay dah nyari softcase/soft jacket/aluminium case ato apa lah namanya di Makassar. Dari counter kecil sampai distributor Bintang nggak ada satu pun yang jual buat SE X2.

      Delete
    5. Well,,,,yang penting barang dah ditangan,,,siiip,,,jadi semangat ngoprek lagi niiih kalo di sama-in dengan master nya...he...5x.

      Biarin aja ketutup virtual keypad nya (aku malah bingung ndiri sama settingan x2 mu,,napa dipencet END CALL koq nutup virtual keypad...? Pokoke dalam mode standby langsung aja "kanan kiri kanan kanan kiri kanan kiri" apapun ntar hasilnya kalo bener,,,pasti langsung ke hidden menu.
      Bukan agak lag,,,MEMANG lag sekali,,he,,,5x.
      Tenaaaang,,,lama kelamaan juga penuh tuh hape sama aplikasi2 lainnya....

      Belum nemu kali tempat nya di Makassar...? coba cari lagi lebih teliti di gang2 pasar, sekolahan ... he...5x. Untuk info aja siiih,,,lebih enakan pake yg solid case ato yg sejenisnya,,,biar kalo pas mencet shutter kamera,,nggak nyenggol2 sliding nya...
      Ditunggu deeeh potonya... Penasaran seperti apa siiih ceweknya,,,eh,,nyinggun2 cewek kan katanya...? he..5x...biasanya kalo belum di master reset,,,n kalo si empunya care,,,pasti masih nyisa informasi di bagian itunya..kayak Aspen sekenku,,,belum di master reset,,walhasil semua akun windows live, messenger,,masih ke login sama akun yg asli...

      Delete
    6. Huhuhuhuuu...nggak diapa2in nih hp, cuma dimatikan biasa trus pasang microSD (beli baru tapi cuma class 6) dihidupkan malah muncul Unknown error .....
      Buka microSD nya kirain masalah di situ tetap aja muncul unknown error nya, yah udah ta reset aja...Reset On going mudah2an normal lagi.

      Mana Samsung Spica ku matot pula gara2 install custom rom tapi error pas upgrade. Cari program dan FW Samsung ternyata ada di HD external, HD nya lagi dipake teman...jiaaahhh komplit dah penderitaan hari ini nggak ada hp lain.


      Bro PM-in no hp nya donk, PM di se-indo aja yah...mau nanya2 kalo error lagi :D.

      Delete
    7. Kaciaaaaaaaan.......
      Emang nggak afdol koq kalo beli barang baru,,,nggak melalui proses RESET..huahahahaha.....semoga aja bisa kelar....

      Sambil garuk2 kepala juga niiih,,,kenapa kira2 bisa begitu yaa...? belum di mandi-in air kembang kali tuuuh...?
      Dah aku PM lewat se-indo,,,justru kalo se-indo aku kadang2 susah buat login kalo di hape,,,,

      Delete
    8. Kayaknya udah ketemu masalah nya, semalam udah normal setelah 3 kali reset tapi kemungkinan masalahnya karena microSD. Baru liat spec X2 microSD up to 16G lah yang saya beli dan pasang 32G wkekekeke, setelah reset ketiga kali nya baru nyadar ganti pakai yang 8G akhirnya normal lagi hp nya :D.
      Yah udah lah 32G nya buat Spice aja Vulcan cukup 8G aja.

      Weww udah bisa masuk hidden menu, udah banyak slide count nya : 7200-an.

      Delete
    9. Syukur deeeeh....
      Hmm,,,info baru niiih,,,untung juga belum kadung beli yg 32gb,,jadinya masih lega sama bawaan yg 4gb aja.
      Waaah,,,kalah banyak niiih slide count ku...he...5x...
      Ya udah giiih sana cepet di pasang macem2 aplikasi,,,dan jangan kaget dengan speed nya yaaa...?

      Delete
    10. Oprek Vulcan di hold dulu, saat nya hidupkan lagi samsung spica ku....On going to reflash mudah2an hidup lagi.

      Delete
    11. Ya udah,,,idupin dulu deeeeh Spica nya,,,,have a nice weekend....

      Delete
  6. Spica dah hidup tapi install custom ROM malah boros banget batre nya...install custom ROM lagi ah :D.
    Baru ngerasain Super Lag nya X2 setelah pakai sim card kerjaan, ratusan sms per hari + telp masuk + otak atik hp membiasakan pake winmob.....eng ing enggg mulai dah lemot hehehe. Kayaknya saat nya remove program dan oprek isinya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiih,,,ratusan sms....? awalnya aku juga hobi ngoleksi ratusan sms,,,di manage dengan dikelompok2in ke folder2nya (tentu saja threaded viewnya nggak aktif selain di inbox),,,eee...pas dibalikin ke inbox,,(supaya enak ngebaca sms threaded,,,) langsung deh ng-hang mindahin sekitar 500an sms.
      Dah bbrp hari ini gonta2 theme (wp7 look like, sense dll),,tapi belum ada yg sreg,,masih enakan pake ms today,,oh iya cuman pake theme Black Gold nya dari DirkGently,,,lumayan exclusif ngerasanya. Ntar kalo hati dah "mantep" mo nyoba ng-porting htc app.
      Ditunggu sharingnya,,,,,,,

      Delete
  7. bang,,knp x2 saya ya?
    saya download opmin yg bahasa inggris pas dibuka bahasanya berubah jd (kya) bahasa rusia gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Larre,

      Hmm,,,,mungkin kebetulan pas membuka situs yg default bahasanya selain inggris...?
      Kayaknya nggak ada settingan penggunaan bahasa (karena asumsi awal saya mungkin nggak sengaja utak-atik settingan opmin tentang bahasa).
      Coba dipake buka situs lain? yang jelas2 bahasa indonesia...? semacam kompas, detik dll...? Ato kalo bisa,,,kasih screenshot nya trus coba kirim ke email ku... ato kasih link nya,,biar saya coba buka pake opmin ku.
      Pake opmin berapa? Saya pake opmin 5,,,normal2 aja tuuh...?

      Delete
  8. emm...
    ternyata yang saya download bukan opmin,tapi opera mobile 10 (kmaren salah baca,maaf)
    bahasa menu nya opera mobile kya bahasa rusia,pengaturan,riwayat,dll
    download opmin 5.1 (winmo)jg gtu bang,bahasa menu nya kya bahasa rusia,
    baik opera mobile maupun opmin yang saya download tadi buat buka situs lokal (detik,kompas,dll)bisa,maksudnya bahasa dlm situs nya bahasa indonesia,tapi bahasa menu opera ga berubah tetep bahasa rusia.
    saya download dari www.opera.com

    terus saya download opmin 7 (java)yg ada versi bahasa indonesia nya,..dan berhasi,normal...

    ada apa dengan opera mobile 10 dan opmin 5.1 (winmo) yang sudah saya download?

    mohon pencerahan bang..


    kalo boleh minta link buat download opmin nya bang..

    makasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link buat opmin nya dah nggak inget,,,lha wong aku juga download lewat browser nya X2,,,ke opera dot com,,,ntar langsung download dan install.
      Waah,,opmin dah nyampe 7 aja niiih,,,,punyaku masih versi 5,,,

      Delete
  9. uda ketemu bang masalah nya,ternyata cuma settingan lokal atawa region setting,setelah saya ganti region UK semua bahasa langsung ganti jadi bahasa inggris....

    Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho...ho...ni juga buat tambah2 ilmuku juga,,,ternyata di region nya yaa..? nggak kepikiran sampe kesitu.....
      Syukur deeeh kalo dah normal....

      Delete
    2. thanks bang..
      mw nanya lagi nih bang,marketplace ga bisa diakses via x2?
      aplikasi whatsapp buat x2 ga ada ya bang?

      Delete
    3. Hi Larre,
      Sori kelamaan mbalesnya,,,,,
      Marketplace sudah nggak bisa diakses sejak bbrp bulan yg lalu koq,,,Windows sudah memutuskan tidak melanjutkan/mengembangbangkan Window Mobile,,jadinya marketplace di tutup.
      Whatsapp nggak akan bisa buat X2,,,walogimanapun caranya,,,karena memang whatsapp diperuntukkan buat wp7, android, IoS & BB.

      Delete
  10. wah kya gtu tnyata...

    Mmc saya knp y bang,kadang kebaca kadang gak,klo kebaca pun gak smua file yg ksimpen d mmc bisa nongol,tp klo via pc smua kbaca..kdang pas lagi donlot via opmin jg gtu..tiba2 gagal..gak tau ny mmc g connect d hp..
    Ada solusi bang?

    Setting tv output gmn bang?

    Waktu liatin versi hp dr menu setting/about/version kok ada text yg paling bawah expansion slot not in use?
    Maksud ny gmn y bang?

    Makasih..
    Maaf banyak nanya..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Larre,
      Udah coba pake MicroSD yg lainnya…? Penyebab paling logis,,,karena merk sebagian microsd yg kurang bagus kualitasnya. Walopun di pc bisa kebaca juga.
      Tapi memang ada bbrp kasus tentang bug microsd nya,,,dan mereka selalu pake aplikasi tambahan multifix.cab ato ada koq yg buat mbenerin microsd nya,,,aku lupa namanya,,coba cari di xda developer,,,ato email aja ntar aku kirim filenya…

      Setting tv output,,tinggal colokin kabelnya ke x2 sama tv nya,,ntar otomatis di x2 langsung keluar menunya,,tinggal sesuain rasio nya dan bbrp settingan lainnya, sori dah lupa soalnya….
      Mungkin informasi expansion slot not in use juga terkait permasalahan microsd card sebelumnya.

      Delete
  11. wah...
    lama bgt g berkunjung nih...

    microSD lumnormal nih bang,masi punya file ny g bang,
    kirim ke email saya ya bang

    nana_cah_wates@yahoo.com



    knp x2 saya suka minta password ya bang,padahal saya ga setting pake password tuh..

    mohon pencerahannya bang,
    makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Larre,

      Ok,,,coba aku cari,,,trus aku kirim ke imelmu....!

      Pastiin di settingan LOCK (tart -> Settings -> Lock), pilihan "Prompt if phone unused for" tidak terpilih. Cuman itu aja settingan standard buat password. Ato jangan2 ada aplikasi tambahan yang ada opsi untuk password?

      Delete
  12. hay om salam kenal yah, saya Amal dr lampung.

    kemungkinan lusa experia x2 ku datang. mohon bantuan nya ya om kl nti ada masalah2 gitu. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Amal,
      Salam kenal juga,
      Insyaallah,,,harap maklum sebelumnya kalo ntar2nya aku nggak bisa ngasih solusi yaa...?

      Delete
  13. pagi bang, salam kenal aku alfa dari malang.
    aku baru dapet second nya x2,tapi bingung make nya. hehe. sebenernya x2 support buat whatsapp gak sih bang? kalo iya, cara nya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Alfa,
      Sori niiih baru sempet respon hari ini,,maklum,,,yen dino minggu,,,wayahe leyeh2 ndisik...he...5x..
      Bingung dimananya...? navigasinya kah..? user interface nya kah...? sebelumnya pernah make winmo apa belum...? Kalo belum pernah make,,,wajar koq kalo bingung,,,tapi lambat laun,,,pasti bisa...!
      X2 tidak support whatsapp karena winmo 6.5 nya belum bisa diupgrade ke windowsphone 7 ataupun belum bisa menggunakan alternatif OS si robot ijo alias android. Karena memang whatsapp cuman support untuk OS android, IOS, BB dan windows phone.

      Delete
  14. ADIN, SURABAYA..

    Met siang bang.. salam kenal saya adin at surabaya
    Maw tanya nih.. bisa g winmo 6.5 di upgrade windowsphone 7

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Adin,
      Salam kenal balik...
      Winmo 6.5 bisa diupgrade ke windowsphone 7,,,, tapi kusus untuk X2,,,,belum bisa.
      Bisa diupgrade ke windowsphone7 untuk HTC HD2.

      Delete
  15. saya ada x2 rusak flexibell sm lcd..gara2 jatuh di motor..klo di jual ada yg mau gak yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi nandar iskandar,
      Sori telat mbales,,,maklum,,,kerjaan buanyak,,,lagian juga dah nggak aku update siiih.
      Kemungkinan terjual,,,pasti ada,,,tapi ya harus di coba ditawarkan dulu ke forum jual beli.....
      Coba dulu yaaa...? semangat....

      Delete